Anda Penggemar GGS? Atau Naga Lokal? Silakan Masuk!
Anda tahu sintetron GGS? Ganteng Ganteng Semprul? Atau anda
suka lihat sekumpulan orang-orang sehat yang jadi penonton konser lipsing di
pagi hari? Tidak salah lagi, anda sedang mengikuti acara channel TV Surya Citra
Televisi (SCTV). Apakah anda tahu bahwa SCTV punya hubungan saudara dengan Indosiar
karena akhir-akhir ini mereka sering share program televisi yang sama? Ya sama
seperti Transcorp, SCTV dan Indosiar menginduk pada satu perusahaan yang
mambawahi mereka dan perusahaan-perusahaan lainnya. Kita sering menyebutnya,
PT. Surya Citra Media. Walaupun kurang familiar di telinga kita, tapi nyatanya
perusahaan inilah yang membawahi 2 Telvisi Swasta besar ini dan
perusahaan-perusahaan lainnya. Untuk mengetahui lebih lanjut, mari kita sedikit
menengok ke dalam, cekidot.
A.
Sejarah Singkat
PT.
Surya Cita Media Tbk (untuk selanjutnya kita sebut SCM) didirikan pada tanggal
29 Januari 1999. Sebagai holding company, SCM banyak bergerak di bidang
multimedia baik melalui pelayan maupun sebagai konsultan. Tujuan utama dari didirikannya SCM adalah
untuk memperluas jangkauan dari SCTV yang telah didirikan terlebih dahulu. Sebagai
media broadcasting, SCTV dibatasi oleh hukum hanya secara eksklusif sebagai
perusahaan penyiaran sesuai lisensi yang sudah diperoleh padahal masih banyak
prospek bisnis yang berhubungan dengan multimedia yang saying untuk dilewatkan.
Oleh
karenanya, pendirian SCM menandakan munculnya multimedia group yang berprospek
dengan peluang pertumbuhan jangka panjang. Selanjutnya secara bertahap SCM
mengakuisisi 100% saham SCTV per periode November 2001 sampai April 2002 dan go
public di Juli 2002.
B.
Visi dan Misi
-Visi
“Menjadi penyedia
hiburan dan informasi terdepan bagi bangsa Indonesia”.
-Misi
“Kami berupaya setiap
hari untuk menjadi pilihan pertama dalam penyedia konten berkualitas, untuk menghibur,
mendidik, dan memberi informasi bagi bangsa Indonesia.
Kami akan menjadi
pilihan pertama melalui pengadaan konten yang menarik, penyediaan layanan yang
unggul dan pengembangan berkelanjutan dari sumber daya manusia kami. Melalui
pencapaian ini kami akan menciptakan sebuah usaha menguntungkan yang berkelanjutan
bagi para pemangku kepentingan kami”.
-Strategi
Bisnis
Untuk
mewujudkan visi, SCM ditunjuang dengan strategi:
- To continuously enhance our team's development and productivity, PT. Surya Citra Media Tbk. is committed to invest in training and education programs within the company and SCTV.
- To focus and assist SCTV in developing its new production facilities and programs, as well as promoting SCTV's content outside Indonesia.
- To explore new opportunities in Indonesia and around the region utilizing the companies core competence to enhance shareholders value.
- To initially concentrate on the television industry and the ability to develop a broader mass media business.
Dengan filosofi bisnis untuk mewakili core
individual values 5T (Teachable, Thoughtful, Thankful, Trustworthy, dan
Triumphant) yang didukung 5O core working values (Organised, Obedient,
Obliging, Optimistic and Occupied) yang
mengacu pada pencapaian 5P (Perform, Professional, Perfect, Prestigius and
Preferred).
C. Stuktur
Organisasi
dengan sedikit penjelasan:
1.
Board Of Commisioner adalah seseorang yang
memegang saham yang ada di perusahaan ini.
2.
Audit Commite adalah seseorang yang melakukan
audit untuk kemudian hasilnya akan diserahkan kepada Board Of Commisioner.
3.
President Director adalah seseorang yang
bertugas sebagai kepala perusahaan yang bertanggung jawab untuk mengelola
sebuah perusahaan dan bertugas untuk membuat Board Of Commisioner terkesan.
4.
Vice President Director, wakil dari Presdir yang
tugasnya menyiapkan dan membantu segala sesuatunya dari pekerjaan President
Director yang membawahi Board of Director, Group Legal dan group-group lainnya.
5.
Directors, bagian yang bertanggung jawab kepada
direktur sesuai dengan group yang di handlenya.
PT. SCM merupakan organisasi yang dinamis karena
mempunyai hubungan dan merencanakan skema organisasi dan menetapkan wewenang ,
tugas dan mempunyai tanggung jawab di bagiannya masing-masing untuk mencapai
tujuan perusahaan ini. Organisasi ini juga termasuk organisasi sebagai
sistem kerja sama karena antar bagian saling bekerjasama untuk membangun
perusahaan ini.
Organisasi disini mempunyai tata hubungan kerja dan dapat
membagi tugas sesuai dengan tupoksinya masing-masing, untuk mencapai tujuan pasti
harus mempunyai managemen yang baik serta memiliki tata kerja dalam
melaksanakan suatu kegiatan untuk menunjang tercapainya tujuan tersebut.
PT. SCM mempunyai komposisi organisasi modern. Hal itu bisa
dilihat dari semakin besarnya organisasinya, adanya prinsip-prinsip atau azas
organisasi. Dan tentunya unsur-unsur organisasinya (Manusia, Kerjasama, Tujuan
Bersama, Peralatan, Lingkungan, Kekayaan alam dan Konstruksi Organisai) yang
sangat lengkap yang semuanya bisa dilihat dari semakin besarnya SCM.
PT. SCM dilihat dari bentuk organisasinya merupakan
organisasi Niaga dan bukan jasa karena tujuan utamanya adalah mencari
keuntungan dengan cara “menjual” produk dan entertainment atau bisa disebut
juga “menjual” barang multimedia berupa entertainment, infotainment dll.
Dilihat dari macamnya, PT. SCM merupakan holding company
karena membawahi beberapa perusahaan semisal: SCTV, Indosiar, Screenplay
Production dan masih banyak lagi.
Dilihat dari sisi jangkauan bisnisnya, PT. SCM merupakan
perusahaan/ organisasi regional. SCM sudah menyebar di seluruh Indonesia jadi
bisa dikatakan bahwa SCM merupakan organisasi tingkat nasional.
Dilihat dari tipe organisasinya, PT. SCM bisa digolongkan
kedalam tipe organisasi kerucut dengan acuan:
a.
Jumlah organisasi satuannya banyak sehingga
berdampak pada tingkat kewenangan. Hal itu bisa dilihat dari Director yang
membawahi beberapa group yang pastinya akan banyak juga divisi dibawahnya.
b.
Ruang kendali sempit, jelas karena saking
banyaknya divisi yang pastinya akan sangat dispesialisasikan per bidang.
c.
Delegasi wewenang sampai ke tingkat pimpinan
tingkat bawah.
d.
Jarak pimpinan tingkat atas dan bawah terlalu
jauh dikarenakan banyaknya organisasi satuan diatasnya.
e.
Jumlah informasi jabatan dan group sangat banyak
f.
Tipikal Holding Company yang sering menggunakan
tipe kerucut di organisasinya.
Dari bentuk organisasinya, PT. SCM bisa dikatakan mengantuk
bentuk organisasi lini dan staff sebagaimana organisasi besar lain dengan
lingkup kerja yang luas, tugas yang beraneka ragam dan jumlah karyawan yang
banyak. Mengapa menggunakan organisasi lini dan staff? Mungkin mengacu pada
beberapa benefit dari bentuk ini, diantaranya:
a.
Sangat fleksibel digunakan dalam organisasi yang
besar dilihat dari luas, tujuan dan kompleksitisitas organisasinya.
b.
Memudahkan dalam decision making sehingga tidak
memerlukan waktu yang lama dalam pengambilan.
c.
Penempatan sesuai bidangnya bisa lebih
dilaksanakan.
Dengan sedikit mengabaikan:
a.
Kurangnya hubungan sosial antar karyawan karena
pemetaan diatas.
b.
Sedikit kesulitan dalam konektifitas antar
divisi atau department.
Jalan tak sepenuhnya mulus, begitu pula yang terjadi di SCM.
Konflik pun pernah terjadi disini, yang paling hangat adalah merger antara
Indosiar ke dalam SCM yang mana pada awalnya banyak mendapat penolakan dari
berbagai pihak. Mulai dari masalah pajak yang harus diselesaikan ke Direktorat
Jenderal Pajak hingga salah satu dari pihak yang merger harus keluar dari Bursa
Efek Indonesia. Solusi yang dilakukan adalah penyelesaian secara hokum yang
berlaku di Indonesia (Win-win Solution).
Demi kemajuan bersama, SCM membutuhkan motivasi kepada semua
elemen didalamnya. Dalam hal ini sudah tertuang diatas yaitu 5T, 5O dan 5P
dalam filosofi bisnis di dalam sub Visi dan Misi. Hal tersebut diatas bisa
dikategorikan dalam motivasi di sisi psikologis karena sesuai dengan teori Y McGregor.
Nb: SCM sekarang ini sudah diakuisisi oleh PT. Elang Mahkota Teknologi per 2008.
Sumber:
Annual Report 2013
Visi dan Misi
Sejarah Singkat
Motivasi
______. 2001.Manajemen: Dasar, pengertian dan masalah. Jakarta: Bumi Aksara Hardjito, D. 2001. TeoriOrganisasi dan teknik pengorganisasian. Jakarta: PT. Raja Grafindo Saydam, G. 1993. Soal-JawabManajemen dan Kepemimpinan. Jakarta: Penerbit Djambatan
Annual Report 2013
Visi dan Misi
Sejarah Singkat
Motivasi
______. 2001.Manajemen: Dasar, pengertian dan masalah. Jakarta: Bumi Aksara Hardjito, D. 2001. TeoriOrganisasi dan teknik pengorganisasian. Jakarta: PT. Raja Grafindo Saydam, G. 1993. Soal-JawabManajemen dan Kepemimpinan. Jakarta: Penerbit Djambatan
No comments:
Post a Comment