INILAH OPERATOR “PLAT MERAH” YANG JANGKAUANNYA LEBIH JAUH DARI PLAT MERAH ITU SENDIRI
Setelah melewati padatnya Traffic Light Kuningan
Jakarta Selatan kini jalanan agak lengang dan hasrat untuk ngebut semakin naik.
Tak jauh dari traffic light kecepatan motorku sengaja aku kurangi. Iya, tepat
sebelah pintu masuk toll Kuningan mataku tertarik menghadapkan kepalaku ke
sebuah gedung tinggi. Nah sejenak kulihat ada tulisan “Wisma Mulia”. Bukan! Bukan
namanya yang membuatku penasaran untuk menengok kekiri, namun aku ingatanku tak
sengaja mampir ke sebuah operator seluler di negeri ini.
Telkomsel! Ya, disitulah basecamp atau bahasa
formalnya Kantor Pusat dari Operator “Plat Merah” tersebut. Mengapa aku sebut sebagai
operator “Plat Merah”? Karena Telkomsel merupakan anak perusahaan Telkom yang
merupakan salah satu anggota BUMN atau dengan kata lain milik pemerintah.
Perusahaan yang tergabung dalam Telkom Group ini merupakan asset terbesar dari
Telkom apalagi kalau bukan dari jangkauan dan pendapatannya (karena memang tarifnya
yang Subhanallah).
Baiklah, cukup sekian intronya. Untuk kemudian saya
akan sedikit membahas perusahaan yang pada tahun 2014 ini mendapatkan banyaksekali penghargaan, salahsatunya Top Brand Award 2014. Saya akan bahas sesuai
dengan Frame “Desain dan Stuktur Organisasi” pada bab 9-10 Materi Teori
Organisasi Umum 2.
A. PENDAHULUAN
Sejak dibentuk pada tahun 1995, Telkomesel terus
berkembang menjadi salah satu perusahaan Telekouminakasi unggulan di negeri
ini. Dengan mencanangkan budaya perusahaan THE TELKOMSEL WAY yang kesemuanya
ditujukan bagi seluruh pimpinan dan karyawan perusahaan, dalam pola pikir,
sikap, perilaku dan tindakan sehari-hari dalam bekerja memberikan kontribusi
kepada Perusahaan, dibangun dari tiga bagian, yaitu:
1. Philosophy to be the Best, yaitu Always The Best dan GREAT Values yang terdiri dari InteGrity, Respect, Enthusiasm, LoyAlty dan Totality;
2. Principles to be the Star, yaitu Solid, Speed, Smart (3S);
3. Practices to be the Winner, yaitu GREAT People, Great Strategy dan Great Innovation (3G).
1. Philosophy to be the Best, yaitu Always The Best dan GREAT Values yang terdiri dari InteGrity, Respect, Enthusiasm, LoyAlty dan Totality;
2. Principles to be the Star, yaitu Solid, Speed, Smart (3S);
3. Practices to be the Winner, yaitu GREAT People, Great Strategy dan Great Innovation (3G).
Dengan mengusung Bangunan
sebagai berikut:
Semua hal tersebut diatas menjadi hal yang tidak mengagetkan
karena pada dasarnya hal tersebut sesuai dengan Visi dan Misi Perusahaan,
yaitu:
·
Visi
Menjadi penyedia layanan dan solusi mobile
digital lifestyle kelas dunia yang terpercaya
·
Misi
Memberikan layanan dan solusi mobile
digital yang melebihi ekspektasi pelanggan, memberikan nilai tambah
kepada para stakeholders, dan mendukung pertumbuhan ekonomi
bangsa.
Didukung dengan jajaran direksi yang sangat
berkompeten, diantaranya:
|
B.
DESAIN
DAN STRUKTUR ORGANISASI
Dalam
dimensi struktur orgnasisai ada 3 bentuk struktur yaitu Formalisasi,
Sentralisasi serta Komplesitas. Dalam kasusnya Telkomsel menggunakan setidaknya
semua bentuk diatas, dengan perincian:
a. Formalisasi
yaitu sejauhmana organisasi
menyandarkan dirinya pada peraturan dan prosedur untuk mengatur perilaku
dari para pegawainya. Dengan adanya formalisasi ini keanekaragaman akan
berkurang, koordinasi menjadi lebih cepat dan lebih baik serta lebih hemat baik
dari sisi SDM maupun finansial.
b. Sentralisasi
Yaitu tingkat di mana pengambilan
keputusan dikonsentrasikan pada suatu titik
tunggal di dalam organisasi. Tidak murni memang, namun mengacu pada
formalisasi diatas sentralisasi acapkali digunakan terutama dalam hal
pengambilan keputusan strategis dan besar.
c.
Kompleksitas
Untuk mengimbangi 2 struktur diatas
maka digunakan pula bentuk komplesitas yaitu struktur yang mempertimbangkan
tingkat diferensiasi yang ada dalam organisasi termasuk di dalamnya tingkat
spesialisasi atau tingkat pembagian kerja, jumlah tingkatan di dalam hirarki
organisasi serta tingkat sejauh mana unit-unit organisasi tersebar secara
geografis. Bukan hanya itu, Telkomsel banyak bekerjasaman dengan vendor-vendor
yang terkait dengan pekerjaannya yang artinya sangat komplek.
Selanjutnya kalau membicarakan tentang perusahaan
kita tidak akan jauh-jauh dari yang namanya Departementalisasi. Apa itu
Departementalisasi itu? Yaitu upaya mengelompokan aktivitas pekerjaan sehingga
aktivitas-aktivitas dan hubungan yang serupa dan logis dapat diselenggarakan
secara serempak. Divisi tenaga kerja menghasilkan spesialis yang memerlukan
koordinasi. Koordinasi ini difasilitasi dengan mengelompokkan para spesialis
bersama-sama dalam sejumlah departemen.
Ada 2 jenis departementalisasi: Departementalisasi
Fungsional dan Departementalisasi Divisional. Departementalisasi Fungsional mengelompokkan
fungsi-fungsi yang sama atau kegiatan-kegiatan (tugas) sejenis untuk membentuk
suatu satuan organisasi. Sedangkan Departementalisasi Divisional adalah Struktur
organisasi atas dasar produk setiap departemen bertanggung jawab atas suatu
produk atau sekumpulan produk yang berhubungan (garis produk).
Di Telkomsel sendiri pembagian departemen
mengkombinasikan 2 jenis diatas. Baik itu fungsional, yaitu penempatan tenaga
ahli di bidangnya. Tidak ada tumpang tindih ahli, semua disesuaikan bidang dan
kemampuan. Di Telkomsel juga menerapkan depertamensitalisasi secara divisional,
terlebih lagi secara regional. Dengan luasnya wilayah Indonesia tidak mungkin perusahaan
menerapkan 1 pintu dalam penanganannya. Minimal sudah ada kantor cabang di
setiap kota besar di Indonesia dari Sabang sampai Merauke demi mendukung
terciptanya pelayanan prima.
C.
MODEL
DAN DESAIN ORGANISASI
Model
desain organisasi atau struktur organisasi adalah mekanisme-mekanisme formal
pengelolaan suatu organisasi yang menunjukkan kerangka dan susunan perwujudan
pola tetap hubungan-hubungan di antara fungsi-fungsi, bagian-bagian atau
posisi-posisi maupun orang-orang yang menunjukkan kedudukan, tugas wewenang dan
tanggung jawab yang berbeda-beda dalam suatu organisasi. Ada 2 Teori yaitu:
Mekanistik dan Organik.
Di
Telkomsel sendiri lebih banyak menggunakan teori organik karena telah dibuktikan
dengan poin pengembangan SDM di Telkomsel itu sendiri yang salah satunya adalah
mengenal semua karyawannya sebagai contributor dari kesuksesan perusahaan.
Selain itu juga adanya reward terhadap kontribusi individual di lingkungan
perusahaan Telkomsel di seluruh Indonesia. Dua hal tersebut merupakan ciri
model organisasi organik yang salah satu cirinya adalah proses motivasi
berusaha menimbulkan motivasi melalui metode partisipasi.
D.
IMPLIKASI
MANAJERIAL DESAIN DAN STRUKTUR ORGANISASI
Dengan
jangkauan jaringan terluas yaitu hampir 95% wilayah di Indonesia, Telkomsel
membuktikan bahwa Telkomsel adalah perusahaan dengan dedikasi dan semangat
untuk memberikan pelayanan telekomunikasi ke berbagai lapisan masyarakat mulai
dari kawasan perkotaan, ibukota kecamatan, daerah perintis, hingga desa
perbatasan negeri, baik di gugusan pulau kecil ataupun di hutan pedalaman.
Hal
itu tentunya tidak dengan sekejap bisa dijalankan dan diraih. Ada perjalanan
berat dan panjang yang harus dilalui untuk mencapai puncak. Lahir ditahun 1995 yang
bahkan teknologi seluler dianggap sangat mutakhir pada jamannya, kemudian
menghadapi krisis moneter yang menyerang Indonesia sampai awal Milenium ke-2.
Telkomsel
tetap tekun menyuguhkan performanya. Banyak program-program diusung, namun
sampai saat ini kualitas lah yang sangat bisa diandalkan oleh Telkomsel.
Demikian sedikit sharing saya tentang perusahaan yang perusahaan yang memang terkenal ini. Mohon saran untuk perbaikan kedapannya. Kritik boleh juga kok demi kemaslahatn ummat.
Wassalam.
Forms are Temporary but Class is Permanent.
Demikian sedikit sharing saya tentang perusahaan yang perusahaan yang memang terkenal ini. Mohon saran untuk perbaikan kedapannya. Kritik boleh juga kok demi kemaslahatn ummat.
Wassalam.
Refrences:
http://www.telkomsel.com/
http://www.telkomsel.com/media/upload/annualreport/AR_TSEL2014.pdf
http://www.telkomsel.com/tagging/Raih
http://www.telkomsel.com/visionmission
http://www.telkomsel.com/about/our-company/11116-Budaya-Perusahaan.html
http://www.telkomsel.com/history--milestones
http://www.telkomsel.com/board-of-directorshttp://www.telkomsel.com/
http://www.telkomsel.com/media/upload/annualreport/AR_TSEL2014.pdf
http://www.telkomsel.com/tagging/Raih
http://www.telkomsel.com/visionmission
http://www.telkomsel.com/about/our-company/11116-Budaya-Perusahaan.html
http://www.telkomsel.com/history--milestones
No comments:
Post a Comment