Sunday, 9 November 2014

Menengok Salah Satu BUMN Terbaik, Apa Sih Rahasianya?


STRUKTUR ORGANISASI TELKOM GROUP

Dalam  postingan ini, saya ingin menyampaikan beberapa uneg-uneg saya tentang Struktur Organisasi suatu perusahaan BUMN terkemuka, PT. Telkom atau lebih tepatnya Telkom Group. Alasan saya mengambil Telkom sebagai bahan analisis saya adalah karena sudah lumayan lama bekerja di salah satu sub dari Telkom Group, jadi minimal sedikit tau lah. OK, tidak usah lama-lama intermezzonya langsung cekidot.

 
Bermula dari didirikannya sebuah badan usaha swasta penyedia layanan pos dan telegraf pada tahun 1882, layanan komunikasi dikonsolidasikan oleh pemerintah Hindia Belanda ke dalam jawatan Post Telegraaf (PTT). Sebelumnya, pada tanggal 23 Oktober 1856 dimulai pengoperasian layanan jasa telegraf elektromagnetik pertama yang menghubungkan Jakarta (Batavia) dengan Bogor (Buitenzorg), momen tersebut di kemudian hari atau tepatnya tahun 2009 dijadikan sebagai hari lahir Telkom.

1.      Struktur Organisasi Telkom Group
Menurut seorang profesor emeritus manajemen di San Diego State University, Stephen P. Robbins,menyatakan bahwa struktur organisasi adalah cara tugas pekerjaan dibagi, dikelompokkan dan dikoordinasikan secara formal. Struktur organisasi bisa juga diartikan sebagai tingkatan-tingkatan suatu organisasi atau kelompok dari level terbawah hingga level tertinggi yang saling bekerja sama untuk mencapai tujuan. Di setiap level /jabatan dalam suatu struktur organisasi perlu adanya pembagian tugas dan wewenang yang jelas serta adanya ketua yang bertanggung jawab atas segala kegiatan organisasi demi tercapainya tujuan.


Terdapat beberapa faktor utama untuk menentukan rancangan struktur organisasi, yaitu :
  •      Strategi organisasi untuk mencapai tujuannya.
  •      Teknologi yang digunakan.
  •      Anggota (karyawan) dan orang-orang yang terlibat dalam organisasi.
  •      Dan ukuran organisasi.
Berikut ini adalah Struktur Organisasi Telkom Group:




Direktur Utama Group merupakan perwakilan dari Management Group yang terdiri dari Dewan Komisaris dan Dewan Direksi.
a.      Dewan Komisaris
Dewan Komisaris dipilih melalui Rapat Umum Pemegang Saham. Dewan Komisaris melakukan pengawasan terhadap manajemen dalam menjalankan tugas dan tanggungjawabnya serta memberikan rekomendasi kepada Direksi mengenai hal-hal yang dianggap penting dalam pengelolaan Perseroan. Dewan Komisaris bertanggungjawab kepada Rapat Umum Pemegang Saham.
Terdiri dari Presiden Komisaris, Wakil Presiden Komisaris, Komisaris Independent dan Komisaris.
b.      Dewan Direksi
Direksi diangkat atau diberhentikan berdasarkan keputusan Rapat Umum Pemegang Saham. Direksi bertanggungjawab atas pelaksanaan strategi untuk mencapai tujuan Perseroan. Direksi juga bertanggungjawab untuk memelihara aset dan sumber daya yang dimiliki oleh Perseroan untuk mencapai tujuan tersebut.
Dewan Direksi di Telkom Group terdiri dari:
1.      Direktur Utama
2.      Direktur Innovation and Strategic Portofolio
3.      Direktur Enterprise and Bussiness Service
4.      Direktur Consumer Service
5.      Direktur Wholesale and International Service
6.      Direktur Keuangan
7.      Direktur Human Capital Management
8.      Direktur Network and IT Solution

2.      Visi dan Misi Telkom Group
Visi
  •               “To become a leading Telecommunication, Information,  Media, Edutainment and Services  (“TIMES”) player in the region”.
            Misi
  • ·         Menyediakan layanan “more for less” TIMES.
  • ·         Menjadi model pengelolaan korporasi terbaik di Indonesia.
Dengan Corporate Culture: The Telkom Way dan Basic Belief: Always The Best. Maka untuk mewujudkannya harus berpegang teguh pada Core Values: Solid, Speed, Smart dan menerapkan budaya: Imagine, Focus, Action.


3.      Riwayat Singkat Telkom Group
1882, sebuah badan usaha swasta penyedia layanan pos dan telegrap dibentuk pada masa pemerintahan kolonial Belanda.

1906, Pemerintah Kolonial Belanda membentuk sebuah jawatan yang mengatur layanan pos dan telekomunikasi yang diberi nama Jawatan Pos, Telegrap dan Telepon (Post, Telegraph en Telephone Dienst/PTT).

1945, Proklamasi kemerdekaan Indonesia sebagai negara merdeka dan berdaulat, lepas dari pemerintahan Jepang.

1961, Status jawatan diubah menjadi Perusahaan Negara Pos dan Telekomunikasi (PN Postel).

1965, PN Postel dipecah menjadi Perusahaan Negara Pos dan Giro (PN Pos & Giro), dan Perusahaan Negara Telekomunikasi (PN Telekomunikasi).

1974, PN Telekomunikasi disesuaikan menjadi Perusahaan Umum Telekomunikasi (Perumtel) yang menyelenggarakan jasa telekomunikasi nasional maupun internasional.

1980, PT Indonesian Satellite Corporation (Indosat) didirikan untuk menyelenggarakan jasa telekomunikasi internasional, terpisah dari Perumtel.

1989, Undang-undang nomor 3/1989 tentang Telekomunikasi, tentang peran serta swasta dalam penyelenggaraan telekomunikasi.

1991, Perumtel berubah bentuk menjadi Perusahaan Perseroan (Persero) Telekomunikasi Indonesia berdasarkan PP no.25 tahun 1991.

1995, Penawaran Umum perdana saham TELKOM (Initial Public Offering/IPO) dilakukan pada tanggal 14 November 1995. sejak itu saham TELKOM tercatat dan diperdagangkan di Bursa Efek Jakarta (BEJ), Bursa Efek Surabaya (BES), New York Stock Exchange (NYSE) dan London Stock Exchange (LSE). Saham TELKOM juga diperdagangkan tanpa pencatatan (Public Offering Without Listing/POWL) di Tokyo Stock Exchange.

1996, Kerja sama Operasi (KSO) mulai diimplementasikan pada 1 Januari 1996 di wilayah Divisi Regional I Sumatra – dengan mitra PT Pramindo Ikat Nusantara (Pramindo); Divisi Regional III Jawa Barat dan Banten – dengan mitra PT Aria West International (AriaWest); Divisi Regional IV Jawa Tengah dan DI Yogyakarta – dengan mitra PT Mitra Global Telekomunikasi Indonesia (MGTI); Divisi Regional VI Kalimantan – dengan mitra PT Dayamitra Telekomunikasi (Dayamitra); dan Divisi Regional VII Kawasan Timur Indonesia – dengan mitra PT Bukaka Singtel.

1999, Undang-undang nomor 36/1999, tentang penghapusan monopoli penyelenggaraan telekomunikasi.

2001, TELKOM membeli 35% saham Telkomsel dari PT Indosat sebagai bagian dari implementasi restrukturisasi industri jasa telekomunikasi di Indonesia, yang ditandai dengan penghapusan kepemilikan bersama dan kepemilikan silang antara TELKOM dengan Indosat. Dengan transaksi ini, TELKOM menguasai 72,72% saham Telkomsel. TELKOM membeli 90,32% saham Dayamitra dan mengkonsolidasikan laporan keuangan Dayamitra ke dalam laporan keuangan TELKOM.

2002, TELKOM membeli seluruh saham Pramindo melalui 3 tahap, yaitu 30% saham pada saat ditandatanganinya perjanjian jual-beli pada tanggal 15 Agustus 2002, 15% pada tanggal 30 September 2003 dan sisa 55% saham pada tanggal 31 Desember 2004. TELKOM menjual 12,72% saham Telkomsel kepada Singapore Telecom, dan dengan demikian TELKOM memiliki 65% saham Telkomsel. Sejak Agustus 2002 terjadi duopoli penyelenggaraan telekomunikasi lokal.

4.      Portofolio Bisnis Telkom Group
Telkom Group adalah perusahaan penyedia Jasa Telekomunikasi di Indonesia yang masuk dalam salah satu BUMN yang mayoritas sahamnya masih dikuasai negara. Layanan utama yang ditawarkan adalah layanan Suara (Kabel dan Nirkabel) serta Data (Kabel dan Nirkabel). Dan menyasar juga ke layanan lain dibidang informasi semisal Media dan Edutainment, termasuk cloud-based dan server-based managed services dan masih banyak lagi.
Secara garis besar berikut layanan yang ditawarkan Telkom Group:
a.       Telekomunikasi
Sebagai layanan awal dan utama dari Telkom Group, Telekomunikasi merupakan ikon dari Telkom. Mulai dari Suara/ Telepon, Data, Broadband, Satelit, penyewaan jaringan dan interkoneksi, dan lain-lain. Beberapa dari layanan tersebut di sediakan oleh anak Perusahaan dari Telkom.
b.      Informasi
Masuk dalan model bisnis baru Telkom, New Economy Bussiness, yaitu layanan yang memudahkan integrasi dalam kemudahan proses kerja dan transaksi yang mencakup Value Added Services, Managed Application/ IT Outsourcing, e-Payment dan IT-enabler.
c.       Media
Salah satunya ada Pay TV atau Groovia.
d.      Edutainment.
Contohnya adalah RBT, SMS Content dan lain-lain.
e.       Services
Layanan berorientasi pelanggan, contohny adalah Personal, Consumer/ Home dan seterusnya.

Portofolio Bisnis Telkom adalah TIMES (Telecomunicatio, Information, Media, Edutainment and Services, sesuai dengan layanan-layanan yang telah disebutkan diatas.

5.      Anak Perusahaan Telkom
Dalam rangka mewujudkan portofolio bisnisnya, berikut anak Perusahaan pendukungnya:
a.      Telkomsel
Dengan bisnis utama Teknologi GSM, kini bukan hanya di ranah telepon namun juga di ranah komunikasi data yang merupakan operator seluler terbesar se Indonesia.
b.      Telkom Metra
Bisnis utamanya adalah Information Media dan Edutainment dimana salah satunya layanannya adalah penyedian jaringan VSAT.
c.       Telin (Telkom International)
Merupakan kepanjangan tangan Telkom di dunia International.
d.      Mitratel (Dayamitra Telekomunikasi)
Anak perusahaan Telkom yang menyasar bidang Tower/ BTS dan lain-lain.
e.       Pramindo (PINS)
Bergerak dibidang integrasi dan perangkat jaringan.

6.      Ciri-ciri, Unsur dan Teori Organisasi
a.      Ciri-Ciri Organisasi
Telkom Group, merupakan organisasi modern. Dalam perkembangannya, pertumbuhan dan perkembangan organisasi Telkom Group semakin besar, pengolahan datanya yang semakin cepat dan unsur-unsur organisasinya yang semakin lengkap. Tak terhitung berapa banyak pernghargaan yang sudah diraih Telkom Group sebagai Provider IT terbesar di Indonesia.

b.      Unsur Organisasi
Dengan didukung SDM terbaik di bidangnya, kepemimpinan yang baik, serta kerja sama antar element yang baik memudahkan Telkom dalam mencapai tujuan bersama.

c.       Teori Organisasi
Telkom Group menggunakan Teori Organisasi Neo Klasik (Teori Hubungan atau Manusiawi) sebagai dasar organisasinya yang menekankan pentingnya aspek psikologis dan sosial karyawan.

7.      Macam Organisasi dari Segi Tujuan.
Telkom Group merupakan korporasi dari beberapa perusahaan Telkom yang bersinergi dengan tujuan untuk mendapatkan keuntungan-Provider terbaik se-region yang bergerak di Bidang Telekomunikasi dan Informasi sebagai penyedia layanan.


Demikian sedikit uneg-uneg saya, semoga bermanfaat. 

Main Source: http://www.telkom.co.id/

No comments:

Post a Comment

RAJA PONSEL PINTAR YANG TAK PERNAH JAUH DARI MASALAH

DISCLAIMER : Cerita-cerita dan konten di     dalam blog ini hanya fiktif belaka. Jika ada kesamaan nama tokoh, tempat kejadian, instans...